Monday, December 22, 2008

Apakah ExpressCard?



Dalam tulisan kali ini saya mencoba untuk memperkenalkan ExpressCard. Mungkin masih banyak yang bertanya-tanya, apakah ExpressCard itu? seperti apa pula bentuknya? apa kegunaaannya? dan lain sebagainya. Segala sesuatu mengenai ExpressCard akan dikemukakan berikut ini.

Apakah ExpressCard?

ExpressCard adalah suatu standar baru slot ekspansi pada notebook (dan juga desktop), yang berguna untuk menggantikan standar PCMCIA. ExpressCard juga didesain oleh grup PCMCIA. Slot ekspansi pada notebook digunakan menambah peripheral yg tidak terdapat pada notebook, seperti modem wireless, tv tuner, sound adapter, removable storage, dsb.

Seperti apa ExpressCard?

ExpressCard memiliki dua jenis ukuran standar (form factors) yaitu ExpressCard/34 (75×34mm) dan ExpressCard/54 (75×54mm bentuk L). Keduanya memiliki tebal 5mm dan juga memiliki koneksi antarmuka yang sama. ExpressCard memiliki antarmuka sendiri yang tidak kompatibel dengan CardBus. Antarmuka ExpressCard memiliki 26 pin dengan model “beam-on-blade” didesain lebih awet dan tahan untuk 10.000x cabut pasang. Walaupun desain slot tidak saling kompatibel, kesalahan dalam memasangkan CardBus pada ExpressCard tidak akan menyebabkan kerusakan, begitu pula sebaliknya.

Kelebihan ExpressCard

Kelebihan ExpressCard dibandingkan pendahulunya, yaitu CardBus adalah dipilihnya penggunaan kecepatan data pada antarmuka serial dibandingkan antarmuka pararel. ExpressCard mendukung dua jenis Host, yaitu PCI Express 1x dan USB 2.0. PCI Express 1x memiliki lebar data transfer sebesar 2,5Gbps dan USB 2.0 memiliki lebar data transfer sebesar 480Mbps dan terdedikasi untuk setiap slot. Hal ini berbeda dengan CardBus yang memiliki lebar data 1Gbps yang terbagi tergantung jumlah slot, karena masih menggunakan Host PCI. ExpressCard dapat menggunakan salah satu ataupun kedua Host tersebut tergantung pada kebutuhan aplikasinya. Selain dari lebar data yang meningkat jauh pada teknologi ExpressCard, adalah penurunan penggunaan konsumsi daya, apabila pada CardBus digunakan daya 3,3V dan 5V, maka pada ExpressCard digunakan daya 1,5V dan 3,3V. ExpressCard juga di desain untuk selalu dapat menerima daya dengan jumlah yang sangat minim dalam keadaan sistem mati, hal ini ditujukan untuk pengunaan fungsi tertentu seperti Wake On Lan pada Wireless Adapter ExpressCard apabila Card tersebut menerima sinyal. ExpressCard juga mendukung “Hot-Plug” mewarisi kemampuan dari CardBus.

Implementasi ExpressCard

ExpressCard pertama kali diterapkan pada system Hewlett-Packard di bulan November 2004, disusul oleh Lenovo/IBM pada May 2005 dan juga Dell, Apple, Asus, Fujitsu-Siemens di bulan Januari 2006, dilanjutkan Sony dan Acer.

Sekilas Informasi Mengenai ExpressCard, semoga tidak bingung lagi.

Sumber:
http://www.expresscard.org/web/site/about.jsp
http://en.wikipedia.org/wiki/Expresscard




6 comments:

  1. apakah expresscard 34 bisa masuk ke dalam slot 54 bentuk L?

    ReplyDelete
  2. laptop saya memiliki 2 port usb sebelum nya ..dan sudah rusak
    nah...saya mau beli expresscard to usb...namun terlihat ada sebuah colokan seperti colokan adapter yang harus di colok ke usb laptop....apakah itu yah>>>sedangkan usb laptop saya rusak...tq

    ReplyDelete
  3. @30Q:
    Saya masih belum faham semua maksud pertanyaan anda. begini kalo anda beli "expresscard to usb" brati koneksi masuk ke usb, kalo usb anda rusak brati gak bisa digunakan.

    Solusinya: Coba pake expresscard to port com atau port serial, jika laptop anda ada kedua port tersebut.

    Jika tidak ada, saran saya belilah Docking untuk laptop anda. Docking yang menyediakan port serial dan usb,dll.. dan carilah docking to serial jangan ke usb.

    ReplyDelete
  4. apakah vga card untuk laptop yg slot untuk epress card...?

    mohon pencerahan, terima kasih

    ReplyDelete