Monday, December 22, 2008

Efek Samping Duduk Lama di Depan Komputer



Semakin sering duduk didepan komputer, makin rentan Anda untuk terjangkit lelah fisik, mental dan sulit tidur. Demikian hasil riset sebuah tim kesehatan dari dari Universitas Chiba, Jepang.


Saat ini komputer merupakan perangkat elektronik yang lazim digunakan di berbagai lapangan pekerjaan, tapi hanya sedikit informasi yang diketahui mengenai bahayanya duduk lama didepan alat canggih tersebut. Untuk mencari tahu soal itu, Dr. Tetsuya Nakazawa dan beberapa orang rekannya melakukan survey terhadap 25 ribu pekerja kantoran yang biasa bekerja di depan komputer.


Hasilnya para pekerja kantoran banyak mengeluh tentang sakit kepala, mata lelah, sakit para persendian, dan pegal di bagian bahu. Selain itu mereka juga juga banyak merasakan gejala mental, seperti lethargy atau sejenis alergi pada zat tertentu, kecemasan dan keengganan untuk berangkat ke tempat kerja. Serta terkena insomnia atau susah tidur. Kepenatan yang luar biasa itu kebanyakan menimpa para pekerja yang menghabiskan waktu lebih dari lima jam per hari di depan layar komputer.


“Hasil survey ini memperlihatkan bahwa berapa lamanya waktu anda didepan komputer dalam sehari, sangat berpengaruh pada tingkat kesadaran diri seseorang. Dan tindakan pencegahan dari kerusakan mental dan gangguan tidur adalah meminta anda untuk mengurangi waktu duduk didepan komputer. Tidak lebih dari lima jam per hari,” demikian bunyi laporan penelitian tersebut. (CNN/D.A Candraningrum). (sumber:bintangrembulan)





0 comments:

Post a Comment