Monday, December 22, 2008

Lindungi Mata dari Bahaya Komputer



Lindungi Mata dari Bahaya Komputer


Sebagian besar aktivitas para pekerja di kota-kota besar, umumnya berada di depan komputer selama berjam-jam. Padahal, radiasi gelombang elektromagnetik yang ditimbulkan komputer bisa mengganggu kesehatan.

Menurut studi yang dilakukan American Optometric Association (AOA) menyatakan, radiasi komputer dapat menyebabkan kelelahan mata dan gangguan mata lainnya.

Karena itu, bagi Anda yang sering bekerja di depan komputer, ada baiknya untuk melindungi dan merawat mata dari radiasi yang ditimbulkan. Berikut beberapa kiat yang bisa dilakukan untuk menghindarinya:

Istirahatkan mata
Istirahatkan mata sejenak dari layar monitor. Layangkan pandangan Anda ke tempat lain. Bila terlalu lama memandang monitor dalam jarak dekat, alihkan pandangan ke arah yang jauh. Lakukan ini selama beberapa menit, setiap 30 menit. Jika sudah di depan komputer selama satu jam, istirahatlah 15 menit. Ini mencegah rasa pegal pada tubuh.

Sering-sering berkedip
Saat bekerja di depan komputer, orang cenderung jarang berkedip. Sehingga mata menjadi kering. Saat berkedip, mata akan memroduksi airmata sehingga mata menjadi lembab. Buatlah kesadaran untuk lebih sering berkedip saat bekerja dengan komputer.

Perhatikan cahaya dalam ruangan
Jangan bekerja diruangan yang terlalu terang atau terlalu buram. Usahakan ruangan cukup terang, agar mata tidak bekerja terlalu keras.

Pakai pelindung layar komputer (filter)

Untuk mengurangi radiasi yang ditimbulkan komputer. Pilih layar komputer yang radiasinya rendah, seperti layar LCD (liquid crystal display). Jagalah jarak pandangan mata dengan monitor. Idealnya, jarak minimum antara mata dengan monitor komputer adalah 45 cm.

Sesuaikan posisi layar komputer dengan mata
Jangan ketinggian dan jangan terlalu rendah, karena bisa menyebabkan sakit leher. Selain itu, jika monitor terlalu tinggi dari pandangan mata maka akan mengganggu pasokan udara yang disuplai ke otak.

Periksa monitor
Periksa dan bandingkan monitor Anda dengan yang lain. Bila gambar yang tampak semakin buram, berkedip-kedip atau tidak nyaman bagi mata. Mungkin sudah waktunya untuk diperbaiki atau mengganti monitor. Sering-seringlah membersihkan monitor dari debu dan kotoran yang mengganggu layar.

Letakkan kertas kerja agar mudah dibaca
Jika harus bekerja dengan menyalin atau membaca kertas kerja, maka letakkan kertas tersebut dalam jarak yang seimbang dengan monitor. Sehingga Anda tidak perlu bolak-balik memfokuskan pandangan untuk membaca kertas kerja, setelah membaca di layar monitor.

Bekerjalah dengan “font” cukup besar
Bila harus mengedit tulisan di depan komputer, pastikan ukuran atau “font” huruf yang digunakan cukup besar. Jangan paksa mata untuk membaca huruf kecil. Gunakan fasilitas untuk memperbesar atau menyesuaikan besar tampilan gambar di monitor. Bila telah selesai mengedit atau membaca, kembalikan font tersebut ke posisi semula.

Periksa kacamata atau lensa kontak
Bila menggunakan kacamata atau lensa kontak dan harus bekerja sepanjang hari di depan monitor, ada baiknya Anda konsultasikan dengan dokter mata atau optik agar mendapat kacamata yang sesuai. Baik ukuran lensa maupun framenya.

Bila Anda lelah menggunakan kacamata, tanggalkan saja. Kacamata bisa membuat mata lelah. Sesekali biarkan mata melihat bebas. Namun segera kenakan kacamata bila harus mengenakannya. Jangan paksa mata melihat tanpa bantuan.

Perbanyak konsumsi vitamin A
Konsumsi vitamin A yang banyak akan membuat mata tetap dalam kondisi yang baik. Jika merasa mata mengalami gangguan, segera pergi ke dokter mata untuk meyakinkan bahwa mata Anda benar-benar sehat. (Teti/berbagai sumber)

source : http://www.halohalo.co.id/berita/berita/12/3/836/

Lindungi%20Mata%20dari%20Bahaya%20Komputer.htm




0 comments:

Post a Comment