Monday, December 22, 2008

Tips meningkatkan Kunjungan Website



Meningkatkan jumlah pengunjung blog anda tidak semudah yg dikatakan, ini memerlukan kesabaran dan kerja keras (kadangkala juga memerlukan “hoki/keberuntungan”).

Berikut beberapa tips yang semoga bisa berguna untuk meningkatkan traffic blog anda :

Content yg berkualitas, menarik, bermanfaat dan orisinil - Blog apa yg sering anda kunjungi? Jika anda seperti sy, maka blog yg memiliki isi yg berkualitaslah yg paling sering sy kunjungi. Ini adalah yg mendasar utk meningkatkan jumlah pembaca anda kecuali anda memiliki ide yg “genius” utk menarik pengunjung.

Desain blog yg bagus adalah penting jika anda ingin memberikan kesan pada kunjungan pertama. Anda dapat membaca juga Good Weblog Design and Layout

Link ke blog lain - jadilah org yg royal utk memberikan link pada blog lain. Anda akan terkejut berapa banyak link yg akan kembali pada blog anda. Ini tidak hanya menambah traffic anda tetapi juga tidak merusak rankaing blog anda di google.

Memberi komentar di blog lain - Beberapa pembaca setia yg datang ke blog kita dikarenakan seringnya kita berinteraksi dengan mereka. Berikan komentar yg tepat, karena mudah sekali melakukan spam pada bagian komentar, tetapi akan meninggalkan efek negatif bagi anda.

Lakukan update secara berkala - Jika anda tidak memposting apa2 selama 1 bulan, cobalah lihat apa yg terjadi pada jumlah pengunjung blog anda :)

Berinteraksi dengan pembaca - Memiliki blog yg interaktif yg mengundang keterlibatan pembaca adalah satu cara utk mendapatkan pengunjung setia. Ada beberapa cara utk melakukan hal ini, di mana akan sy bahas pada postingan2 yg akan datang.

Optimalkan site anda utk Search Engine - Sangat penting sekali peran Search Engine dalam meningkatkan jumlah traffic, terutama traffic yg akan meng klik iklan anda. Jadi bekerja keraslah agar blog anda terdaftar dan diranking setinggi mungkin pada Search Engine.

Pasang url blog anda di bawah tanda tangan pada email anda - Setiap kali anda mengirimkan email pada teman/ org lain, maka url blog anda secara langsung akan terlihat jika mereka membaca email anda. Ini juga merupakan salah satu cara utk mempromosikan blog anda.

Tambahkan RSS feed pada blog anda - semakin banyak orang yg membaca blog tanpa mengunjungi blog secara langsung melalui News Aggregators yg mengambil informasi menggunakan RSS. Sebaiknya anda hanya memberikan info abstraksi pada RSS feed anda, sehingga jika ada pembaca tertarik dengan topik yg anda tulis, maka akan tertarik membaca lebih lanjut pada blog anda.

Daftarkan site anda pada portal-portal - Ada beberapa site yg akan me-list blog secara eksklusif. Beberapa memfokuskan pada topik tertentu (seperti Eaton Web dan Globe of Blogs). Portal-portal lain seperti BlogShares, Blog Street dan Blog Tree juga me-list banyak blog dengan beberapa cara yg mungkin akan meningkatkan profil blog anda.

Buat Newsletter - Tawarkan pembaca anda utk men-subscribe newsletter blog anda agar mereka selalu up to date.

Berinteraksi dalam forum2 website - berpartisipasilah dalam forum2 dan juga ikutlah berdiskusi pada thread yg sesuai dengan topik blog anda. Kebanyakan mereka mengijinkan anda utk membuat signature / tanda tangan yg dapat anda isi dengan url blog anda. Ini merupakan promosi gratis bagi blog anda.

Promosikan postingan anda - Jika anda menulis sesuatu yg menurut anda patut dilihat dan menarik bagi orang lain, promosikanlah postingan anda tsb. Pikirkanlah dulu sejenak sebelum anda mengirimnya melalui email - pilih dengan selektif dan bersikap sopan dalam mempromosikannya atau anda akan dianggap melakukan spam.

Tambahkan fitur “email post to friend” pada setiap postingan anda - jika pembaca anda membaca postingan anda dan merasa bahwa itu useful dan menarik, mgkn dia ingin memberitahu teman2nya. Jika anda menyediakan fitur “email friend”, maka mereka akan mudah melakukannya dan blog anda pun mendapat pembaca baru.

Ini hanya beberapa ide yg bisa anda gunakan utk meningkatkan traffic blog anda.
Metode apa yg anda gunakan dan efektif utk meningkatkan traffic blog anda? Metode apa yg berhasil diterapkan pada blog anda dan mana yg tidak? Tip-tip apa yg dapat anda berikan disini?

source :i indoproblogger.blogspot.com




6 comments:

  1. Tutorial yang bagus , Bisa Di Coba.
    mampir ke blogku ya
    http://saymusic.wordpress.com/

    ReplyDelete
  2. Wah, menarik dan bermanfaat sekali tipsnya. Thanks.

    ReplyDelete
  3. met mencoba mas kudel heheheh….

    ReplyDelete
  4. Thx for the tips, really helpful..

    ReplyDelete