Monday, December 22, 2008

Tips Yahoo! Messenger



Written by http://tiyangsae.wordpress.com/2007/04/19/tips-yahoo-messenger/
Tuesday, 17 June 2008

Tips Yahoo! Messenger

Beberapa tips saya dalam ber-YM ria. Semoga bermanfaat, terutama bagi mereka yang merasa terganggu karena YMnya ‘berat’. Disini saya menggunakan YM versi 8, namun tentunya tidak terlalu banyak perbedaan dengan versi lainnya.

SETTING PREFERENCES

Dari main window, masuk ke menu Messenger > Preferences, atau tekan Ctrl+Shift+P

Tab General

  • When I start Up Computer, Atumatically Start Yahoo Messenger
    Anda bisa memilih untuk menonaktifkan option ini. Sebab pada beberapa komputer, ini bisa membuat waktu start Windows menjadi sangat lama.
  • When I’m using Yahoo Messenger, Remove the taskbar button when I minimize..
    Untuk yang suka taskbar yang ‘bersih’, ini bisa Anda aktifkan.
  • Nonaktifkan pilihan Show Yahoo Messenger Insider.
    Percayalah, ini yang membuat YM menjadi lambat saat start up.

Tab Alerts and Sounds

  • Untuk yang tidak suka diganggu dengan alert soundnya YM, Enable alert sounds bisa Anda matikan.
  • A messenger contact comes online, A messenger contact goes offline
    Untuk kondisi-kondisi diatas, pastikan hanya pilihan Showing a message at the bottom… yang Anda pilih. Dengan demikian, pekerjaan/chat Anda tidak terganggu dengan adanya conversation window yang tiba-tiba muncul.
  • A messenger contact buzzes me
    Nonaktifkan pilihan Shaking the message window dan Bringing the message window. Alasannya sama seperti diatas. Anda bisa memilih sound lain yang lebih ‘ringan’ di telinga Anda, daripada sound default dari YM.
  • I receive an Instant Message…
    Nonaktifkan pilihan Flashing the message window. Alasannya juga sama seperti sebelumnya, kenyamanan. Sebagai gantinya, Anda bisa memilih sound sebagai alert. Gunakan sound yang ‘ringan’ agar Anda tidak terlalu terganggu.

Tab Appearance

Saya selalu menggunakan jenis, ukuran dan warna font yang sama pada setiap conversation. Tujuannya hanya sebagai identitas, bahwa ‘itu’ adalah saya. Untuk ini, Anda bisa mengubah defaultnya dengan cara klik button Change Fonts & Colors, dan pilih font Anda.

Tab Archive

Bagi Anda yang suka menyimpan history percakapan (untuk keperluan tracking, atau karena Anda pikun, seperti saya :D), aktifkan pilihan Yes, save all of my messges. Dengan demikian, Anda bisa melihat lagi rekaman conversation Anda yang lalu.

Tab LiveWords

Walaupun merupakan salah satu fitur andalan YM, LiveWords bagi saya cukup mengganggu. Karena itulah saya lebih memilih menonaktifkannya. Untuk keperluan searching, masih saya percayakan kepada Google

Tab Messages

Menampilkan conversation window tiap kali ada yang mengirim message, sekali lagi, sangat mengganggu. Anda bisa membuatnya muncul hanya di pojok sebelah kanan layar Anda dengan memilih Minimize the message window… dan Show messages at bottom…

Tab Privacy

Seringkali saya harus online tanpa harus ketahuan oleh beberapa contact. Karena itu saya mengaktifkan pilihan Always sign in as invisible. Dengan demikian tidak ada yang menyadari kehadiran saya saat pertama kali online.

CONTACT LIST

  • Untuk kemudahan, ada baiknya Anda mengklasifikasikan contact list Anda kedalam beberapa group. YM menyediakan sebuah group default Friends. Untuk membuat group baru, klik kanan salah satu group, dan pilih Create New Group. Isikan namanya sesuai klasifikasi yang Anda inginkan. Untuk memindah contact ke dalam sebuah group, Anda hanya tinggal melakukan ‘click and drag’.
  • Agar Anda tidak terlihat oleh group tertentu (misalnya Anda tetap online, sementara tidak ingin terlihat oleh orang-orang kantor Anda :D), klik kanan group yang dimaksud, dan pilih Stealth Settings dan Appear Permanently Offline
  • Ada kalanya Anda harus tetap invisible terhadap beberapa contact. Buat saja group baru (dan, misalnya, beri nama INVIS LIST). Pidahkan contact yang dimaksud ke dalam group ini. Ubah Stealth Setting-nya menjadi Appear Permanently Offline… seperti cara diatas. Aman.. :D
  • Agar Contact List Anda tidak terlihat terlalu penuh, sebaiknya contact yang sedang offline tidak dimunculkan. Untuk melakukannya, pilih menu Contacts dari main window, dan nonaktifkan submenu Show Offline Contacts dan Show Empty Groups.


PROFILE

Sebaiknya Anda memiliki lebih dari satu profile Yahoo. Untuk membuat profile baru, masuk ke menu Messenger > My Profiles dari main window. Ikuti langkah-langkahnya, seharusnya tidak terlalu sulit.

Apabila Anda sudah memiliki profile lain, Add profile Anda tersebut ke dalam contact list. Nantinya profile Anda akan muncul pada contact list dengan avatar dan status yang Anda set.

Tujuannya adalah agar Anda mengetahui bagaimana profile Anda terlihat dalam contact list orang lain. Ini sangat berguna bagi orang-orang kreatif seperti saya, ehm…

Pofile kedua ini juga bisa berfungsi untuk latihan emoticon, atau mengetikkan draft conversation sebelum Anda kirimkan ke orang lain.

Yang terakhir, main window Anda terlalu penuh dengan fitur-fitur YM yang samasekali tidak Anda perlukan? Sembunyikan saja :). Anda bisa mengaturya dari menu Messenger > Show/Hide.




0 comments:

Post a Comment