Monday, December 22, 2008

Virus dengan Teknik Polymorphic



Virus yang menggunakan teknik code polymorphic adalah virus yang mampu memelihara dirinya dengan mengubah baris-baris code virus tersebut ke code yang lain, secara logika virus dengan teknik ini mampu malakukan compiling atau melakukan pembentukan diri sebagai diri baru yang berwujud lain secara kontinu. Teknik virus ini sangat memungkinkan bisa selalu terhindar dari program-program antivirus. Virus dengan teknik ini tidak mudah dilumpuhkan bahkan secara manual. Secara ilmu komputer pembuatan virus dengan teknik ini membutuhkan kemampuan ilmu komputer yang diatas rata-rata karena memang gak gampang dalam membuatnya. Tidak semua Antivirus bisa melumpuhkan virus dengan teknik ini dengan sempurna.

Salah satu contoh virus dengan teknik Polymorphic adalah Virus ARP dari negara Cina. Virus ini sudah banyak membuat para Administrator Jaringan Komputer pusing 100 keliling :-), karena mampu membuat komputer yang terinfeksi menjadi Gateway palsu dan Gateway yang asli ibarat "diumpetin" oleh virus tersebut selain itu juga melakukan permintaan akses ke puluhan server web sehingga membuat kompi lokal lambat bukan kepalang. Bayangkan jika 50 komputer yg terhubung dengan jaringan komputer dan ada 4 yg terinfeksi virus ini maka seluruh jaringan komputer akan lambat gila-gilaan jangankan 4 komputer yg terinfeksi 1 komputer terinfeksi sudah mampu melumpuhkan seluruh jaringan komputer.

Sebagai contoh sistem kerja virus dengan teknik Polymorphic seperti ini misal menit 1 nama virus bernama abc.dll yang beraktiftas mengunci regedit kemudian menit ke 4 berubah lagi menjadi system32x.gif tetapi tidak mengunci regedit dan seterusnya dan juga menambah dirinya dalam jumlah banyak dengan bermacam-macam type file bisa gif,jpg,bat,vbs,dll,doc, dan sebagainya dan bisa juga merubah nama-nama yg mirip dengan file-file system windows. Karakter virus ini bisa aktif dengan bermacam-macam aksi misal ketika kita mengaktifkan YM atau sa’at kita membuka browser atau ketika kita berkunjung ke sebuah website tertentu.

Virus dengan teknik polymorphic bisa dikatakan virus yang jenius karena dibuat dari orang-orang yang pada umumnya memiliki kemampuan ilmu komputer diatas rata-rata. Kalo istilah gampangnya di dunia Ilmu Komputer adalah Virus yg dibuat oleh programmer yang jago logika+Algoritma pemrograman.

Semoga tulisan saya ini memberi sedikit pemahaman tentang virus. Mungkin pembaca ada yang bisa menambahkan atau menyempurnakan artikel ini, saya silahkan dengan senang hati.




2 comments:

  1. Bang cara munculin kotak komentar di blog gmn ?

    ReplyDelete
  2. caranya km login dulu di account blogger mu, lalu masuk di halaman Setting-Comments, lalu pada "Comment Form Placement" klik "Embedded below post", lalu klik tombol "save settings". Selese

    ReplyDelete