Monday, January 5, 2009

APEL, DIBALIK BENTUKNYA YANG UNIK DAN WARNANYA YANG MENARIK



Buah merupakan salah satu makanan yang saat ini banyak digemari, terutama bagi remaja putri yang hidup di perkotaan. Namun, kegemaran ini memang patut diikuti oleh semua, tidak hanya dilakukan oleh remaja putri yang hidup di perkotaan saja. Salah satu buah yang paling digemari yaitu Apel. Apel adalah jenis buah-buahan yang memiliki banyak varietas. Apel yang dimasak cenderung berkadar gula rendah, dibanding jenis yang dimakan langsung. Buah ini banyak diimpor dari Selandia Baru, Australia, dan Amerika Serikat, walaupun produk lokal sendiri tidak kalah bersaing dengan produk import tersebut.

Dibalik bentuknya yang unik, warnanya yang menarik, merah atau hijau, serta rasanya yang menyegarkan, ternyata buah ini banyak mengandung zat yang bersifat mencegah atau menyembuhkan sejumlah penyakit, terutama bagian dalam organ tubuh. Menurut para ilmuwan, Apel diyakini mampu mengendalikan kolesterol, karena di dalam kandungan buah tersebut ternyata terdapat zat antioksidan (zat pencegah radikal bebas yang menimbulkan kerusakan pada sel-sel tubuh) yang tinggi di dalamnya, yang dinilai efektif melawan “kolesterol jahat” atau LDL (Low Density Lipoprotein) dalam tubuh. Selain itu, pada waktu yang bersamaan juga dapat meningkatkan “kolesterol baik” atau HDL (High Density Lipoprotein).

Sepotong Apel dipercaya dapat menurunkan risiko kanker paru-paru dan kanker usus berkat zat flavonoid yang ada didalamnya. Flavonoid ini dinilai dapat melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas atau molekul tidak stabil yang timbul karena proses kimia normal tubuh dan pengaruh lingkungan lain, seperti polusi udara.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Cornell Univesity bahwa Apel yang masih segar mampu mencegah munculnya neurodegeneratif, seperti alzheimer dan parkinson. Dugaan sementara bahwa hal ini dipengaruhi berkat zat antioksidan di dalam Apel. Selain itu, pada Apel terdapat kandungan serat yang tinggi, yang menjadikan buah ini sangat baik untuk membantu pencernaan. Serat yang tinggi ini dapat juga menghindari munculnya rasa lapar lebih cepat, sehingga Apel dapat membantu saat hendak menurunkan berat badan.

Selain manfaat di atas, ternyata buah Apel dapat bermanfaat untuk mengendalikan kadar gula darah, menurunkan tekanan darah, memperkuat jantung, mengurangi nafsu makan, memperkuat ginjal, serta mengatasi insomia.

Untuk itu, dilihat dari sederet manfaat Apel di atas, Apel bisa menjadi bahan pertimbangan kita agar Apel dapat masuk ke dalam daftar menu kita, karena dibalik bentuknya yang unik dan warnanya yang menarik Apel memiliki banyak manfaat yang menguntungkan dari segi kesehatan.
Selamat mencoba ....

sumber:http://www.promosikesehatan.com/?act=article&id=253



0 comments:

Post a Comment