Thursday, January 8, 2009

Mencairkan Paypal ke BCA



Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.

PayPal adalah Rekening Bank Online yang menyediakan jasa mentransfer uang untuk menghindarkan metode tradisional yang menggunakan kertas seperti cek dan money order. Selain Dollar ada sekitar 16 mata uang yang didukung oleh Paypal, termasuk Euro, Pounds, Yen, dan Franc. Bagimana membuat Rekening PayPal silahkan baca artikel saya klik disini Cara Membuat PayPal


PayPal juga melakukan proses pembayaran untuk "vendor" e-commerce, situs lelang, dan pengguna perusahaan lainnya, yang dikenakan biaya. Markas perusahaan ini di San Jose, California.


Permulaan

Perusahaan Paypal (Paypal Corp.) seperti yang dikenal sekarang adalah penggabungan antara perusahaan Confinity dan X.com pada tahun 2000

Confinity didirikan bulan Desember 1998 oleh Peter Thiel dan Max Levchin, dengan tujuan awal sebagai alat pembayaran Palm Pilot dan sebagai perusahaan kriptografi. Sedangkan X.com didirikan oleh Elon Musk pada Maret 1999, yaitu perusahaan penyedia jasa perencanaan keuangan. Kedua perusahaan ini lokasi pertamanya adalah kantor di 165 University Avenue di Palo Alto, California, rumah dari beberapa pemula di Silicon Valley.

Ebay melihat perkembangan penggunaan Paypal dan menyimpulkan Paypal cocok untuk pembayaran dengan lelang online yang dilakukan ebay dan ebay membuat paypal sebagai salah satu alat pembayaran di ebay. Ebay membeli Billpoint pada Mei 1999 dan membuat Billpoint menjadi alat pembayaran utama ebay dan membuat Billpoint hanya dapat digunakan sebagai alat pembayaran untuk lelang ebay saja. Karena itu Paypal saat itu hanya tampil beberapa kali sebagai pilihan alat pembayaran di ebay dibandingkan Billpoint. Pada Februari 2000 rata-rata ada 200.000 penawaran barang perhari yang menggunakan Paypal sedangkan Billpoint hanya 4.000 penawaran. Pada April 2000 lebih dari 1 juta penawaran menggunakan Paypal.


Akuisisi oleh ebay

Pada tahun 2002 ebay mengakuisisi Paypal sebesar US$ 1,5 miliar. Paypal sebelumnya telah digunakan sebagai alat pembayaran favorit dengan lebih dari 55% pengguna ebay dan mengalahkan alat pembayaran ebay lainnya saat itu Billpoint. Ebay akhirnya menghapus layanan Billpoint untuk memperkuat Paypal brand untuk ebay. Banyak saingan utama Paypal akhirnya bangkrut atau dijual, Citibank c2it tutup pada akhir 2003, Yahoo! PayDirect tutup pada akhir 2004, Western Union mengumumkan menutup layanan BidPay pada 2005 dan menjualnya pada CyberSource Corporation pada tahun 2006. Saingan Paypal lainnya seperti Moneybookers dan Kagi masih bertahan hingga sekarang.

Pada kuartal pertama 2006 total transaksi melalui Paypal senilai US$8 miliar, meningkat 41% dari tahun ke tahun. Perusahaan tetap fokus kepada perkembangan secara internasional dan kepada peningkatan pada divisi layanan merchant, dan menyediakan alat pembayaran online bagi pengguna ebay.


Penarikan Uang Melalui BCA

Saat ini ada kabar gembira untuk pemilik Account Pay Pal di Indonesia karena hampir semua Bank di Indonesia khususnya BCA menerima pembayaran/pencairan dana melali PayPal. Maka dengan ini transaksi Bisnis Online di Indonesia akan semakin mudah dilakukan.

Mencairkan Paypal ke BCA

Setelah membaca cara withdraw paypal ke bank Indonesia, dalam satu jam kemudian semua sudah saya praktekkan dan berhasil tanpa masalah sedikitpun. Awalnya saya menerima email berlangganan dari cosaaranda.com.

Kebetulan pagi ini saya juga mendapatkan rentetan pembayaran dari TLA melalui paypal. Daripada bengong langsung saja saya masukkan data-data yang dibutuhkan untuk menambahkan rekening BCA saya di account paypal.

Untuk BCA cabang Jl. Ir H Juanda Bekasi, kode yang dimasukkan pada kolom bank code adalah 0160066 (016= kode BCA yang direlease oleh BI, 0066= kode cabang BCA).

Semenit kemudian ada balasan email dari paypal:

Dear Ignatius Aris Yulianta,

Congratulations! You have successfully added an Indonesia bank account to your PayPal account. You can now withdraw funds from your PayPal account to this bank account.

Thank you for using PayPal!
The PayPal Team

Please do not reply to this email. This mailbox is not monitored and you will not receive a response. For assistance, log in to your PayPal account and choose the Help link located in the top right corner of any PayPal page.

Setelah sukses memasukkan nomor rekening , langsung saya lakukan percobaan penarikan dana dari paypal ke BCA. Langkah-langkahnya begini:

  • Login Paypal lalu masuk ke my account

  • Klik Withdraw

Masukkan jumlah yang anda kehendaki (Minimal 10 USD) atau lihat tabel ini untuk mata uang yang lain:

  • Klik Continue, akan muncul halaman review


Akan tampil rincian dana yang akan anda terima sesuai dengan nilai Currency dalam konversi rupiah, termasuk besarnya potongan /biaya. Pastikan semua informasi sudah tertulis dengan benar. Untuk penarikan pertama ini saya coba dengan nilai withdrawal sebesar 15 USD.

  • Klik Submit

Akan muncul halaman baru bertuliskan “Your withdrawal request is being processed”

Tunggu 5-7 hari dana anda akan terkucur…

Setelah transaksi penarikan selesai, paypal akan mengirimkan email pemberitahuan ke kita seperti ini:

Dear Ignatius Aris Yulianta,

Your request to withdraw funds via electronic funds transfer from your PayPal account to your bank account ending in xxx5, has been received and is in process.

This process usually takes 5-7 business days to complete but is dependent on your bank’s policies.

If there is a problem with your request, it may take up to one week for your bank to notify us. We will notify you immediately by email if we learn of any problems in processing your request.

Have you lifted your withdrawal and receiving limits? Just log in to your PayPal account and click View Limits on the Account Overview page.

Sincerely,
PayPal

Semoga perkembangan kepercayaan Paypal terhadap Indonesia ditiru oleh perusahaan-perusahaan yang lain… termasuk Google Adsense tentunya… :)




2 comments:

  1. My partner and I absolutely love your blog and find the

    majority of your post's to be exactly what I'm

    looking for. Does one offer guest writers to write content
    available for you? I wouldn't mind producing

    a post or elaborating on a lot of the subjects you write

    concerning here. Again, awesome site!
    My web page :: active denial system 2010

    ReplyDelete