Monday, January 5, 2009

MENJAGA KESEHATAN DI TEMPAT KERJA



Mereka yang banyak bekerja di belakang meja kerap kali mengeluh soal kondisi tubuh, mulai pegal-pegal sampai berat badan yang bertambah. Kalau sudah begini, nasihat untuk berolah raga dan memulai pola hidup yang teratur kerap dilontarkan oleh kerabat atau rekan kerja.

Namun kesibukan kerja yang semakin tinggi membuat orang tidak punya waktu untuk memikirkan makanan yang akan disantap apalagi untuk berolahraga, asal nikmat dan mengenyangkan langsung saja disantap.




Oleh karenanya agar kondisi badan tetap prima, ada beberapa hal yang dapat dilakukan antara lain :

1.Mengontrol makanan menjadi langkah awal yang dapat dilakukan, antara lain dengan cara memperhatikan komposisi menu sehat atau akan lebih baik lagi jika membawa bekal dari rumah (bila di kantor tempat anda bekerja tidak tersedia katering). Secara otomatis, selain mengetahui kandungan apa saja yang ada dalam makanan, membawa bekal dari rumah juga menjadi langkah untuk berhemat dan tentunya makanan lebih terjamin kesehatannya.

2.Demikian pula untuk mengurangi camilan dan lebih banyak mengkonsumsi air putih.

3.Fasilitas seperti telepon, komputer dan internet, printer dan lain sebagainya yang ada diatas meja kerja semakin membuat orang jarang beranjak dari tempat duduknya. Secara otomatis tubuh akan jarang bergerak dan membuat kondisi badan menurun. Oleh karenanya sesekali beranjaklah dari tempat duduk untuk sekedar melihat pemandangan diluar atau berkomunikasi dengan rekan kerja yang lain.

4.Ada baiknya untuk menggunakan tangga kalau lantai yang dituju berada hanya satu atau dua tingkat diatas/dibawah. Hitung-hitung langkah ini bisa menjadi olahraga kecil yang bisa dilakukan.

5.Saat bekerja dengan komputer, duduklah dengan posisi tegak, jangan meregang ke depan untuk mencapai key board atau untuk membaca tulisan di layar monitor. Dan sering-seringlah mengubah posisi tubuh atau melakukan peregangan pada bagian tangan, leher, kaki dan lain-lain agar otot tidak kaku.(sumber: Wiwid, promosikesehatan.com)





0 comments:

Post a Comment