Thursday, January 8, 2009

Perbedaan [Intel] Core Duo dan Core 2 Duo



Core Duo

Core duo berarti dua inti prosesor dalam satu chip (rumah/kemasan prosesor) dan termasuk dalam keluarga prosesor Intel Core.

Pada PC Desktop dikenal dengan dual core dan ini terkadang disalahtafsirkan oleh pedagang komputer sebagai prosesor Core Duo.

Core Duo adalah teknologi terbaru (keluarga prosesor Intel Core) yang hendak diterapkan Intel bagi Notebook. Seiring perkembangan diadakan perbaikan/pengembangan yang menghasilkan Core 2 Duo. Sepertinya Intel berkeputusan untuk juga menggunakan teknologi Core 2 Duo pada PC Desktop. Sehingga PC Desktop saat ini bisa mengadopsi teknologi Core 2 Duo tanpa perlu mengalami fase Core Duo.


Core 2 Duo
- Architecture: 65nm
- Memiliki beberapa fitur tambahan yang tidak terdapat pada Core Duo seperti :

* Intel ® Wide Dynamic Execution:
Mengaktifkan dukungan petunjuk per jam untuk meningkatkan waktu eksekusi dan efisiensi energi.

* Intel ® Smart Memory Access:
Meningkatkan performa sistem dengan mengoptimalkan penggunaan bandwidth data yang tersedia.

* Intel ® 64:
Memungkinkan prosesor untuk mengakses jumlah memori yang lebih besar. Sesuai dengan 64-bit yang mendukung hardware dan perangkat lunak, berdasarkan platform Intel yang mendukung arsitektur prosesor Intel 64 yang dapat mengizinkan penggunaan perluasan virtual dan memori fisik.

Kesimpulan umum
- Core Duo dan Core 2 Duo memiliki dua inti prosesor !
- Core Duo diciptakan untuk Notebook, seiring perkembangan diciptakan teknologi Core 2 Duo yang mana selain bisa digunakan untuk notebook juga bisa digunakan oleh PC Desktop.
- Tidak ada processor Core Duo untuk PC Desktop yang ada yaitu langsung Core 2 Duo, sebelumnya dua inti prosesor juga sudah pernah diterapkan pada PC Desktop yaitu pada keluarga prosesor Pentium diantaranya adalah Pentium Dual-Core dan Pentium D namun microarchitecture antara keluarga prosesor Intel Pentium dan keluarga prosesor Intel Core tersebut sangat jauh berbeda termasuk ukuran transistornya. Perbedaan tersebut mempengaruhi kinerja, tingkat kebutuhan energi/daya (wattage), dan panas yang dihasilkan. Pada Core 2 Duo kebutuhan energi dan panas yang dihasilkan jauh lebih kecil dibadingkan pada keluarga prosesor Intel Pentium yang berintikan dua prosesor.

sumber:http://www.iklanumum.com/forum/index.php/topic,4.0.html



0 comments:

Post a Comment