Monday, March 30, 2009

Perbedaan Efektifitas dan Efisiensi



info-utama.blogspot.com


Efektif dan Efisien adalah Kata yg seringkali kita dengar, tetapi ternyata masih banyak yg bingung perbedaannya bahkan mungkin banyak orang yang salah kaprah dalam penerapan istilah efektif dan efesien, termasuk saya sendiri bingung celingukan di depan dosen pembimbing skripsi sewaktu sang dosen bertanya "Apa itu efektif" terdengar sepele memang, Akhirnya sang dosen menyuruh saya untuk melihat di kamus Bahasa Indonesia, berhubung saya tidak punya kamus Bahasa Indonesia. Sayapun mencari-cari di Google, dan akhirnya menemukan sebuah artikel yang menguraikan tentang Efektiftas dan Efisiensi yg bedasarkan kamus Bahasa Indonesia.


Efektivitas (berjenis kata benda) berasal dari kata dasar efektif (kata sifat).

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga tahun 2003, halaman 284 yang disusun oleh Pusat Bahasa, Departemen Pendidikan Nasional
,

Efektif adalah 1 ‘ada efeknya’ (akibatnya, pengaruhnya, kesannya); 2 ‘manjur atau mujarab’ (tt obat); 3 ‘dapat membawa hasil; berhasil guna’ (tt usaha, tindakan); ‘mangkus’; 4 ‘mulai berlaku’ (tt undang-undang, peraturan). Sementara itu, efektivitas memiliki pengertian ‘keefektifan’. Keefektifan adalah 1 ‘keadaan berpengaruh’; ‘hal berkesan’; 2 ‘kemanjuran’; ‘kemujaraban’ (tt obat); 3 ‘keberhasilan’ (tt usaha, tindakan); ‘kemangkusan’; 4 ‘hal mulai berlakunya’ (tentang undang-undang, peraturan. Sementara itu, efisiensi (berjenis kata benda) berasal dari kata efisien (kata sifat).

Efisien
adalah 1 ‘tepat atau sesuai untuk mengerjakan (menghasilkan) sesuatu (dng tidak membuang-buang waktu, tenaga, biaya)’; 2 ‘mampu menjalankan tugas dgn tepat dan cermat’; ‘berdaya guna’; ‘bertepat guna’; ‘sangkil’. Selanjutnya, efisiensi adalah 1 ‘ketepatan cara (usaha, kerja) dl menjalankan sesuatu (dng tidak membuang waktu, tenaga, biaya)’; ‘kedayagunaan’; ‘ketepatgunaan’; ‘kesangkilan’; 2 ‘kemampuan menjalankan tugas dng baik dan tepat (dng tidak membuang waktu, tenaga, biaya)’.

Berdasarkan pengertian-pengertian tadi dapat disimpulkan bahwa efektivitas adalah ‘semua usaha dan tindakan yang dapat membawa hasil’, sedangkan efisiensi adalah ‘ketepatan cara dan kemampuan menjalankan tugas dengan baik dan tepat dengan tidak membuang waktu, tenaga, dan biaya’.(sumber:dinsamsoe)


Semoga memberi pencerahan bagi semua :-)







6 comments:

  1. iya, menverahkan. Terima kasih

    ReplyDelete
  2. bgus nie, bantu buat judul skripsi. biar gk bingung tar klo ditanya ma dosen.

    ReplyDelete
  3. bgus nie, bantu buat judul skripsi. biar gk bingung tar klo ditanya ma dosen.

    ReplyDelete
  4. makasih boz ne yang ane cri,;-)

    ReplyDelete
  5. syukur Alhamdulillah,skrang ana dah tau makna yang teat,,dulu sering dengar tpi kurang ngerti makna yang tepat,

    ReplyDelete
  6. wah tadi siang gw dibantai abis ama dosen penguji gara2 gak tau perbedaannya.......

    ReplyDelete