Sunday, July 26, 2009

Merespon Otomatis Percakapan di YM dan Gtalk Dengan Robot IMBot



Jika kamu beberapa waktu ini menemukan alamat-alamat YM ataupun alamat-alamat MSN maupun GTalk yang bisa merespon kiriman pesan kita secara otomatis, itu berarti kamu sedang menghadapi IMBot. Penyedia-penyedia jasa internet seperti ping.fm adalah salah satu contoh website yg menggunakan IMBot. Kehebatan dari ping.fm adalah mereka mampu menjembati pengguna Instant Messenger seperti YM, MSN, Gtalk dengan Blogger.com, Twitter maupun Plurk serta beberapa servis terkenal lainnya.

Artinya adalah, kita pengguna YM bisa memposting sebuah artikel ke Twitter atau Blogger dari YM menggunakan ping.fm.
Di artikel ini saya akan memperkenalkan IMBot tsb. Dengan IMBot yang bernama IMified, kamu bisa membuat aplikasi yang mampu merespon pesan secara otomatis kepada teman-temanmu. Misalnya saja anda ingin membuat sebuah program melacak IP temanmu melalui YM. Selain itu, mungkin anda juga bisa membikin sebuah aplikasi AlQuran atau Bible Only.

Ilustrasinya sebagai berikut, ketika pertama kali temanmu menyapamu, anda bisa meresponnya dengan memintanya memasukkan nama / nomor Kitab dan pasal serta ayat yang ingin dicari. Maka ketika temanmu merespon kembali dengan parameter-parameter yang anda berikan, maka secara internal, program yg bikin itu secara internal akan memproses permintaan temanmu / clientmu. Setelah mendapatkan hasilnya, maka bisa kamu kirimkan kembali kepada client / temanmu lengkap dengan bunyi ayat-ayat Firman TUHAN yang dimintai.

Selain program kitab Suci, kita juga bisa membikin Twitter client, penjumlahan online bahkan fungsi-fungsi online lainnya.
Supaya tidak muluk-muluk, saya copy-kan sebuah servis sederhana yang merespon clientmu.

switch ($_REQUEST[’step’]) {
case 1:
echo “Hi, what’s your name?”;
break;
case 2:
echo “Hi ” . $_REQUEST[’value1′] . “, where do you live?”;
break;
case 3:
echo “Well, welcome to this hello world bot, ” . $_REQUEST[’value1′] . ” from ” . $_REQUEST[’value2′] . “.“;
break;
}

?>

Program diatas akan berjalan spt begini:

1. ketika ada client / temanmu yg mengirimkan pesan kepadamu, secara general IMBot / robot akan merespon kepada client dengan pesan Hi, what’s your name.

2. ketika ada balasan / respon kembali dari client, maka secara otomatis, kembali IMBot menjawab client dengan NAMA yang dimasukkan oleh client. Misalnya, client merespon dengan menjawab namanya Rudy , maka IMBot merespon balik Rudy, where do you live.

3. Ketika ada balasan lain lagi dari client yang menjawab dengan tempat tinggalnya, mis: Jakarta, maka yang terakhir dilakukan oleh IMBot pasti akan merespon Well, welcome to this hello world bot, Rudy from Jakarta.

Pertama-tama yang harus dilakukan untuk membuat aplikasi ini adalah dengan mendaftarkan ke alamat ImIfied. Kemudian coba baca halaman Helpnya di sini.

Berikut screenshot yang telah bikin.

Untuk mencoba servis sederhana auto response YM ini, silahkan ADD YM saya di alamat dummies_server, lalu coba lakukan langkah-langkah seperti di atas. Akan sangat menyenangkan. Kamu pasti juga bisa membikin sebuah servis yang mampu merespon percakapan di YM ataupun Gtalk dengan robot bikinanmu. Dengan robot ini, kita bisa menjawab chat dan mengirimkan pesan secara otomatis kepada teman-temanmu, dan mereka mungkin terheran-heran …

Keren kan !

sumber:menjawab-chat-teman-dan-mengirimkan-pesan-secara-otomatis




0 comments:

Post a Comment