Wednesday, August 5, 2009

Referensi Buku-Buku Belajar Linux (Beginner s/d Advanced)



Jika anda belum familiar dengan sistem operasi yang dikembangkan oleh Linus Torvald, seorang anak muda (dulu, sekarang udah gede) yang sekarang dikenal Linux OS ini, dan ingin mencoba mulai start belajar kamu bisa menemukannya.

Selain untuk pemula alias beginner, anda bisa mendapatkan buku-buku elektronik / ebook Linux juga untuk kalangan intermediate dan advanced secara gratis. Ada 5 buku yang menjadi referensi bagus untuk belajar Linux mulai dari dasar-dasar menginstal, menjalankan simple command, mengoperasikan perintah-perintah network, mount disk, dasar-dasar jaringan di Linux, protokol-protokol sampai dengan command line tingkat lanjut yang cukup rumit. Bahkan lebih jauh lagi anda bisa belajar scripting yang mengasyikkan dijalankan dengan bahasa program C sampai dengan penggunaan regular expression.

Berikut ini adalah referensi untuk mulai belajar Linux yang bisa saya berikan sebagai acuan untuk memulai sampai tingkat advanced.

1. Newbie’s Getting Started Guide to Linux mengajarkan cara menginstal Linux ke dalam komputer, dilanjutkan
dengan pemakaian desktop GUI sampai dengan basic command line. Cocok sekali untuk newbie sesuai dengan judulnya.

2. Download Introduction to Linux – A Hands on Guide mengajarkan dasar-dasar juga, baik dari networking / jaringan, file management dan menggunakan text editors yang terhampar banyak di Linux
3. GNU/Linux Command line tools Summary, command line adalah kekuatan luar biasa yang menjadi dasar terciptanya lingkungan GUI, beberapa bahkan banyak hal yg tidak ditemukan di GUI bisa diperintahkan dengan hanya satu baris command line saja, dan Linux
yang berbasis UNIX pun masih menempatkan command line sebagai kekuatan utama, jadi kamu harus menguasainya.

4. Download Rute User’s Tutorial and Exposition membeberkan lebih advanced fungsi-fungsi, pemakaian shell scripting yang cukup aduhai rumit, regular expression yang bisa bikin frustasi serta beberapa bagian pemakaian networking.

sumber:www.speedytown.com




0 comments:

Post a Comment