Wednesday, January 27, 2010

Rahasia Cara Membobol ATM




info-utama.blogspot.com

Ketika artikel ini saya angkat di blog ini tepatnya tanggal 27 januari 2010, media-media masih banyak memberitakan tentang pembobolan rekening bank melalui ATM. Sebenarnya kasus ini sudah terjadi kira-kira sejak 10 tahun lalu, saya pun mengalaminya pada tahun 2000-an tepatnya di kota Jogjakarta, dan baru sekarang ini kasus ini memuncak ke permukaan mungkin karena korban dan pelakunya sudah tidak sedikit.


Ketika saya mengalami hal ini pada tahun 2000 lalu, saya pun lapor ke bank yang bersangkutan yaitu sebuah bank yang sangat terkenal di negeri ini dan disambut oleh mbak-mbak Customer Service yang cantik-cantik, tapi sayangnya cantik-cantik tapi sok tau semua akibatnya keliatan kalo pada bego' asal jawab gak pake otak jadi burem deh hehehe.... berbagai alasan diungkapkan oleh mbak-mbak "cantik" yang intinya tetep saya yg disalahkan tetapi saya tidak menelan mentah-mentah alasan mereka dan saya tersenyum kecut saja, sambil bergumam "emangnya aku ini sebodoh itu apa" sebenarnya saya ingin tanya langsung bagian IT nya tentang Logika Dasar System ATM karena waktu itu saya juga kuliah di bidang Informatika dan Ilmu Komputer di salah satu kampus di Jogjakarta.

Jadi untuk mbak-mbak Customer Service Bank yg cantik-cantik, kalo tidak tahu jawaban sebuah pengaduan nasabah jangan Sok tau deh atau Asal jAwab.

Oke, itu tadi sepenggal kisah lama saya ketika jadi korban. Dibawah ini saya angkat artikel tentang Cara Membobol ATM yang bersumber dari Teknologinet

Semoga begitu tau rahasia membobol ATM yang dilakukan oleh pembobol ATM yang meresahkan ini, anda bisa senantiasa terus waspada, tetapi jangan sampai juga jadi paranoid. Silahkan perhatikan seksama cara maling ATM memangsa korbannya sehingga ATM anda tidak mendapatkan masalah. Selain itu, juga ada tips aman bertransaksi di ATM.

Karena maraknya peristiwa hilangnya saldo di tabungan beberapa nasabah di beberapa Bank akhir-akhir ini. Rasanya sudah saatnya bagi kita untuk mengetahui bagaiaman cara penjahat (skimmer) melakukan hal tersebut. Sebagai bahan pertimbangan bagi kita untuk lebih waspada.

Kalian pasti sudah tahu ini adalah ATM (Anjungan Tunai Mandiri atau Automated Teller Machine) alias mesin tempat kita mengambil uang.

Kalau gambar dibawah ini coba perhatikan baik-baik (Bagian atas layar monitor mesin ATM) :
Coba kita lihat lebih dekat lagi :
Hanya terlihat seperti titik hitam biasa??
Ternyata itu adalah sebuah kamera yang dipasang untuk merekam Anda saat memasukkan PIN ATM.
Bagaimana dengan yang satu ini:
Terlihat seperti slot biasa untuk memasukkan kartu ATM Anda?
Coba lihat lebih dekat lagi
Alat apakah ini?
Ternyata sebuah alat untuk proses Skimming, merekam data yang ada pada kartu Anda.
Alat perekam itu biasanya ditempelkan pada slot asli untuk memasukkan kartu. Dibeberapa kasus menggunakan keypad palsu yang ditempelkan diatas keypad angka asli pada ATM tersebut untuk merekam PIN yang Anda masukkan.

Keypad palsu (untuk merekam tekanan tombol PIN ATM Anda) dilihat dari atas-beserta alat untuk mengcopy data dari kartu Anda.
Keypad palsu (untuk merekam tekanan tombol PIN ATM Anda) dilihat dari bawah-beserta alat untuk mengcopy data dari kartu Anda.

Posisi lain kamera dan alat untuk proses Skimming :
Lihat baik-baik, ada yang aneh diatas layar monitor ATM? Sekilas tidak terlihat kan karena posisi kita biasanya lebih tinggi dari layar monitor ATM.
Setelah dicek ternyata atasnya ada alat untuk rekam Anda saat memasukkan PIN.

Berikut ini contoh yang lain:

1. Memasang alat untuk membaca data pada kartu ATM Anda (biasanya ditempel pada slot tempat memasukkan kartu ATM Anda).
Dan hasilnya seperti gambar dibawah ini

(LIHAT baik-baik apakah Anda sadar kalau pada slot memasukkan kartu ATM tersebut ada yang janggal..SULIT untuk terdeteksi bukan).

2. Memasang alat untuk merekam penekanan PIN kartu ATM Anda.

Lihat gambar diatas : Sebuah kotak brosur biasa..??!!
Sebuah kamera pengintai (dalam berbagai bentuk tempat agar tidak ketahuan, ada yang sepeti batang besi,speaker,dll)
Rapi sekali bukan, Kita mungkin sulit untuk menyadarinya.

Sekarang bisa kita lihat bagaimana mudahnya alat-alat tersebut di pasang. Minimal sebelumnya hanya butuh ditambahkan selotip 2 sisi yang kuat (3M), tidak perlu obeng dan perkakas-perkakas lainnya itu sebabnya kemungkinan besar bisa luput dari perhatian kamera pengawas. Tapi kemungkinan terjadinya lebih kecil bila ATM-ATM tersebut berada di area cakupan Bank.


Berikut adalah video cara memasang alat tersebut
sampai pada pengambilan uang dengan kartu ATM hasil kloningan.



Berikut adalah video salah satu korban dari aksi skimming




Berikut ini beberapa tips yang mungkin dapat menambah kewaspadaan Anda :

Perhatikan kondisi ATM yang akan dipakai, para penjahat ini jarang beraksi di ATM-ATM yang berada dicakupan Bank karena biasanya ada satpam maupun kamera yang siap untuk merekam setiap gerak-gerik di lokasi tersebut.

Bila memang dalam kondisi ramai, lihat-lihat juga ke arah sekeliling Anda, pastikan tidak ada hal yang mencurigakan, baik itu benda maupun manusia. Itulah juga maksud dibuatnya kaca cembung kecil untuk melihat ke arah belakang yang di taruh pada mesin-mesin ATM.

Saat akan menekan PIN, pastikan jari Anda terlindungi dari sisi-sisi yang diperkirakan bisa terlihat. Satu tangan menekan tombol dan tangan lain untuk menutupi. Beberapa Bank sudah membuat penutup pada bagian tombol PIN ATM untuk mencegah konsumennya lupa melakukan hal tersebut. Beberapa Bank juga telah membuat alat khusus pada slot masukan kartu ATM Anda sehingga mungkin mempersulit alat untuk skimming pada ATM-ATM yang sudah diprotect tersebut.

Anda bisa memasukkan password yang salah, sebelum memasukkan password benar untuk mengecoh bila dikuatirkan ada Keypad palsu yang digunakan untuk merekam dan juga dapat mengecoh kamera pengintai.

Bila terjadi masalah seperti kartu Anda “tertelan” di mesin ATM, JANGAN PANIK. Bila ada orang asing yang menganjurkan Anda untuk memasukkan password JANGAN DILAKUKAN, cobalah untuk menekan tombol cancel / batal dan bila kartu masih belum keluar datangi lokasi terdekat Bank Anda & selalu siap dengan menyimpan nomer operator / call center dari Bank Anda pada notes ataupun handphone.

Karena dibeberapa kasus ada yang sengaja menempelkan nomer palsu pada badan ATM yang ternyata adalah nomer telpon palsu (sindikat dari penjahat tersebut). Harap untuk rutin mengganti PIN ATM Anda. Periksa saldo tabungan Anda setiap saat.

Jadi mulai sekarang tidak usah terlalu kiatir sekali untuk bertransaksi melalui mesin ATM, yang penting tetap teliti dan waspada dengan kejanggalan-kejanggalan yang ada.

sumber: Teknologinet


0 comments:

Post a Comment