Sunday, November 27, 2011

Membuat Halaman Baru di Blogger/Blogspot



info-utama.blogspot.com

Hi Bloggers,

Ketika kita membuat blog dengan Blogger tentunya mungkin ada yang pernah bertanya-tanya "gimana sih bikin atau menambah halaman baru di Blogger ?" mungkin pembaca ada yang belum tahu cara membuatnya. Disini saya akan berbagi pengalaman Cara menambah halaman baru di Blogger. Ikuti langkah-langkah dibawah ini :


1. Silahkan login di Blogger seperti biasa
2. Masuk ke Dashboard blog yang akan dimodif. Sebagai contoh saya memakai Blog saya ini ( info-utama.blogspot.com )
3. Klik "Edit Posts" dan tampil halaman seperti berikut
4. Klik menu "Edit Pages"


5. Klik "New Page"

6. Silahkan isi "Page Title" dan Posting, kemudian klik tombol "Publish"


7. Klik "View Page" untuk melihat hasilnya


8. Selesai

Sampai disini halaman baru telah dibuat, lalu bagaimana menampilkan halaman baru tersebut? cara paling mudah cukup tambahkan "Gadget" pilih "Pages"

Ketika anda sudah klik tanda "Plus" muncul halaman seperti gambar berikut

Seperti anda lihat gambar diatas halaman baru yang kita buat otomatis akan muncul pada "Gadget". Kemudian klik tombol "Save". Selesai.

Sekedar tambahan.
Silahkan lihat gambar pada langkah nomer 7. Lihat alamat URL pada browser disitu tertulis "http://info-utama.blogspot.com/p/contoh.html". Inilah alamat Url halaman baru yang telah anda buat. Jika anda menginginkan alamat tersebut dipanggil melalui menu link lain,anda bisa menyisipkan alamat url tersebut ke dalam code secara utuh atau cukup menuliskan "/p/contact.html"


Oke, moga menambah inspirasi :-)



15 comments:

  1. Terim kasih banyak infonya, sangat membantu sekali

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. saya kok ga ada edit pages,apa karena blogger saya tampilan lama?

      Delete
  3. kan saya pingin nambah halaman, pas saya udah pilih tmbah widget, kq pilihan lamannya telah ditambahkan padahal saya lom menambahakan elemen i2 :(, mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  4. @Creator :

    Oke, pesan pilihan halaman telah ditambahkan padahal anda lom menambahkan hal ini mungkin saja terjadi karena bawaan dari theme anda, biasanya dibuat secara otomatis dan dijadikan menu home, mungkin blog anda ada menu home bawaan dari theme blog yg anda pilih.

    Caranya untuk melihat halaman / pages yg telah dibuat :
    1. buka ke dashboard blog anda, dan pilih menu design
    2. dihalaman design, cari widget pages, lalu klik edit
    3. dan muncul halaman "configuration pages list"
    4. nah, disini ditampilkan halaman/pages yg telah dibuat, anda bisa mencentang untuk tidak ditampilkan atau menghapus halaman yg sudah ada

    Caranya untuk mengubah, menambah, mengahapus halaman / pages secara keseluruhan :
    1. Di dashboard masuk menu "posting"
    2. klik "edit pages"
    3. Muncul halaman yg menampilkan halaman-halaman yg telah dibuat, disini bisa menambah, membuat pages baru, dan menghapus.


    Oke, selamat mencoba :-)

    ReplyDelete
  5. Mas, gimana sih caranya membuat laman baru (new tab)?
    Hal ini membuat saya semakin stress.
    Saya sudah mengikuti beberapa tutorial di blog tetetapi tidak berhasil.

    Saya melihat blog anda sangat bagus. Di samping laman Home jg terdapat beberapa laman. Tolong cek blog saya yg salah bagian mana. Trm kasih :)

    mohon bantuannya dengan sangat

    ReplyDelete
  6. @Auriga :

    Alamat blog anda apa?

    ReplyDelete
  7. @Auriga :

    Blog anda udah oke, disitu ada menu tambahan juga, di tiap menu tinggal di sisipkan alamat url (page) yg anda buat.

    ReplyDelete
  8. tampilan edit blogger ada perubahan baru....jadi bingung kok menunya editnya nggak sekomplit kemarin....ato krn aq nggak ngeh. mohon pencerahan...

    ReplyDelete
  9. Mas...cara masukkan postingan lama ke halaman tang baru qta buat gimana sih caranya?Makasih,mas....

    ReplyDelete
  10. Mas, saya baru belajar ngeblogg, rencananya di blog saya ada beberapa kategori postingan, saya menggunakan "laman" baru untuk membagi kategori tsb, sudah bener ga ya? atau ada cara lain untuk membagi kategori? trus untuk mendesain tampilan di laman baru gimana ya?misalnya agar postingan di laman Legal Matters ada tanggalnya? mohon bantuannya. bisa cek blog saya di www.istanasederhana.blogspot.com, trima kasih

    ReplyDelete
  11. @istana sederhana,

    - Begini, tiap kali anda selesai posting artikel jangan lupa memberi "Label" label ini nantinya untuk modal menampilkan "Categori"
    - Untuk halaman baru yg kita bikin hanya bisa di isi 1 postingan saja

    ReplyDelete