Saturday, March 17, 2012

Makanan Untuk Kesehatan Mata



info-utama.blogspot.com

Mata merupakan jendela dunia. Dengan mata Anda bisa melihat semuanya. Karena itu, sangat penting untuk menjaga kesehatan mata. Jangan tunggu mata bermasalah dulu baru melakukan perawatan. Apalagi, cara perawatan mata cukup mudah.

Bagi mata, makanan dengan nutrisi penting seperti, vitamin A, C dan E, betakarotein, dan antioksidan yang disebut leutin sangat dibutuhkan untuk mengurangi resiko degenerasi makula karena faktor usia. Selain itu, kandungan omega-3 juga berperan penting untuk melindungi mata dari degenerasi retina dan mencegah mata kering. Nah, nutrisi tersebut bisa didapat dari konsumsi sayuran, buah-buahan, dan beberapa jenis makanan laut, dan diantaranya sebagai berikut :

Vitamin A

Vitamin A bisa mencegah penyakit katarak dan kebutaan. Vitamin A ada di dalam wortel, susu, ikan, telur, dan sayuran yang berwarna hijau.

Vitamin C

Vitamin C sebagai anti oksidan juga berguna untuk menguatkan mata. Vitamin C ada di dalam buah jeruk. Berhati-hatilah minum vitamin C dosis tinggi yang terlalu asam karena justru bisa mengganggu lambung anda.

Vitamin E

Vitamin E terdapat dalam minyak kacang, minyak jagung, sayuran berwarna hijau gelap, dan kacang .Buah-buahan jeruk, tomat, anggur, wortel, sayuran hijau (misalnya bayam), kacang juga sangat baik untuk mata.

Lutein

Lutein juga berguna sebagai anti oksidan untuk mengurangi degenerasi mata dan mengurangi katarak. Lutein terdapat di bayam, brokoli, dan kacang.


Untuk menjaga mata Anda dalam keadaan prima, ikutilah banyak panduan yang disarankan dengan menjaga kesehatan jantung seperti menjaga tekanan darah dan mengontrol kolesterol, mengurangi lemak jenuh dari diet, mengontrol berat badan, dan meningkatkan asupan antioksidan Anda. Mulailah sekarang dengan mengkonsumsi makanan yang kaya vitamin dan nutrisi untuk mengurangi resiko penyakit mata, meningkatkan penglihatan, dan menjaga kesehatan mata yang baik.


Buah Beri

Di antara beberapa sumber antioksidan yang terbaik, buah beri memainkan peranan penting dalam mengurangi resiko kanker, penyakit jantung dan Alzheimer. Studi juga menunjukkan antioksidan yang terkandung di dalam berri mengurangi resiko degenerasi makula, katarak, dan penyakit mata. Pilihlah strawberi dan bluberi segar atau raspberi untuk cemilan manis, makanan penutup sederhana, atau tambahan salad.

Wortel

Mungkin makanan yang paling terkenal untuk kesehatan mata adalah wortel karena melawan penyakit dengan vitamin A. Vitamin A membantu mencegah rabun ayam dan sangat penting bagi kesehatan retina. Wortel juga mengurangi resiko katarak dan degenerasi makula. Seperti wortel, makanan berwarna kekuningan lainnya seperti ubi jalar, mangga, melon dan aprikot menyediakan dosis yang sehat dari vitamin A.

Daging Sapi Tanpa lemak

Daging sapi tanpa lemak merupakan sumber yang sangat baik dari mineral seng yang membantu tubuh menyerap antioksidan dan melawan penyakit. Penelitian telah menemukan hubungan antara asupan seng dan kesehatan mata, terutama kesehatan retina. Pilihlah dagin tanpa lemak untuk mengurangi lemak jenuh dari diet Anda. Tingkatkan seng dalam diet Anda dengan memilih keju, yogurt, daging babi, kalkun, dan sereal.

Ikan Salmon

Asam lemak omega-3 seperti yang ditemukan dalam lemak ikan memainkan peranan penting bagi kesehatan retina dan membantu mengurangi resiko degenerasi makula. Untuk mencapai tujuan ini paling tidak Anda harus mengkonsumsi dua porsi ikan dalam seminggu seperti salmon, trout, mackerel, sarden, atau herring. Salmon liar juga merupakan sumber yang kaya akan niasin, yang dapat mengurangi resiko katarak.

Kacang Almond

Antioksidan lain yang juga penting bagi perawatan mata adalah vitamin E dari kacang-kacangan, mangga, brokoli dan minyak sehat seperti bibit gandum, safflower, jagung dan kedelai. Vitamin E telah ditemukan untuk mencegah dan menunda pertumbuhan katarak. Jadikan almond sebagai cemilan atau masaklah sayur Anda dengan menggunakan minyak sehat untuk mendapatkan mata yang sehat.





1 comment: