Saturday, September 8, 2012

7 Dampak Buruk Stres



Tahukah Anda, stres berlebihan memiliki dampak tidak baik dan dapat berakibat buruk lho. Tidak hanya bentuk wajah yang terlihat murung dan mudah tersinggung, stres juga bisa menimbulkan dampak buruk lain yang akan menganggu aktivitas Anda.

Termasuk tujuh dampak buruk stres yang akan dipaparkan berikut ini. Simak ya.
1. Emosi yang naik turun. Dia dapat dengan mudah mengeluarkan emosi yang tidak terkontrol.

2. Kecenderungan bersikap negatif. Orang yang mengalami stres dapat terpengaruh untuk berperilaku buruk. Di mana ia berpikir dengan perilaku tersebut bisa menghilangkan rasa stresnya, seperti minum alkohol atau menggunangan narkoba. Bukan pelepasan stres yang baik tentu saja.

3. Konsentrasi terganggu. Orang yang menderita stres menjadi tidak fokus akan apa yang sedang dikerjakannya.

4. Selera makan terganggu. Biasanya, orang yang sedang stres akan melupakan makannya, atau bahkan sebaliknya, ia akan makan tanpa henti yang dapat menyebabkan obesitas.

5. Lebih hiperaktif dari biasanya. Penderita stres akan membuat keputusan tanpa pertimbangan karena otaknya sedang tidak bisa berpikir panjang.

6. Lebih mudah jatuh sakit. Misalnya, terserang migrain dan maag.

7. Rentan terkena insomnia. Stres dapat membuat seseorang tidak nyenyak saat tidur.

Melihat dampaknya yang tidak baik bagi diri sendiri khususnya pada kesehatan, Anda sebaiknya dapat mencegah rasa stres pada diri masing-masing. Rustika Thamrin, SPsi, CHt, CI, MTLT, psikolog dari Brawijaya Women and Children Hospital, seperti dilansir kompas.com mengatakan, "Perlu ada manajemen stres yang baik agar stres tidak berkembang menjadi masalah kesehatan yang serius dan buruk bagi tubuh."

Bagaimana, apa Anda pernah mengalami satu dari tujuh dampak di atas? (source:ecc)



0 comments:

Post a Comment