Thursday, October 18, 2012

Cara Mengetahui URL Feed Website/Blog



RSS merupakan kependekan dari Really Simple Syndication. Sedangkan ditinjau dari pengertiannya RSS adalah sebuah file berformat XML untuk sindikasi yang telah digunakan (diantaranya dan kebanyakan) situs web berita dan weblog. Teknologi yang dibangun dengan RSS mengijinkan kita untuk berlangganan kepada situs web yang menyediakan umpan (feed) RSS, biasanya situs web yang isinya selalu diganti secara reguler. 

Untuk memanfaatkan teknologi ini kita membutuhkan layanan pengumpul. Pengumpul bisa dibayangkan sebagai kotak surat pribadi. Kita kemudian dapat mendaftar ke situs yang ingin kita tahu perubahannya. Namun, berbeda dengan langganan koran atau majalah, untuk berlangganan RSS tidak diperlukan biaya, gratis. Tapi, kita biasanya hanya mendapatkan satu baris atau sebuah pengantar dari isi situs berikut alamat terkait untuk membaca isi lengkap artikelnya.

Pengertian gampang penggunaan RSS Feed adalah:
Misal kita ingin mendapatkan "headline news" atau judul berita pada sebuah Blog atau website lain yang ingin kita tampilkan ke blog/web kita, caranya adalah memanfaatkan RSS Feed ini. 


Caranya sbb :

1. Kunjungi :  http://feedburner.google.com/

2. Login dengan akun Google anda

3. Masukkan URL blog/web anda pada kotak tersedia, lalu tekan next ( gmbr.1)













4. Kemudian klik tombol "Next"















5. Kemudian ditampilkan alamat feed, pilih salah satu, silahkan kopi alamat tersebut dan paste di script anda
6. Selesai



1 comment: