Thursday, October 18, 2012

Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan




info-utama.blogspot.com
Dengan berjalannya waktu, semakin banyak ditemukan khasiat bawang putih bagi kesehatan yang kemudian diuji melalui serangkaian penelitian. Bawang putih, antara lain, diyakini khasiatnya sebagai pembantu penurun kadar kolesterol. Hal ini disebabkan karena adanya zat ajoene yang terkandung di dalamnya, yaitu suatu senyawa yang bersifat antikolesterol dan membantu mencegah penggumpalan darah.
Bawang putih juga dapat membantu menghindari kanker seperti dibuktikan melalui penelitian yang dilakukan oleh University of Minnesota. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa risiko terkena kanker di usia tua berkurang sebanyak 50 persen bila mengonsumsi bawang putih secara rutin. Tidak heran bila sekarang food supplement dari bawang putih juga sangat laku di pasar.
Dalam ilmu pengetahuan modern, bawang putih dikenal mempunyai kandungan lebih dari 100 jenis bahan kimia alami yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Bawang putih mengandung vitamin A, B, C, kalsium, potasium, besi, antioksidan, karoten, selenium, dan berbagai bahan aktif lainnya.
Anasir penyembuh terpenting dalam bawang putih adalah asam amino alisin yang keluar ketika bawang putih dirajang atau digerus. Alisin ini mencegah akumulasi platelets pada dinding arteri yang biasanya menimbulkan penyumbatan dan akhirnya mengakibatkan stroke dan atau serangan jantung.
Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan yang lainnya diantaranya adalah :
1. Detoksifikasi dengan jus bawang putih
Kelihatannya seram banget yah musti minum jus bawang putih. Tapi, anda jangan berpikiran yang tidak-tidak dulu karena manfaatnya cukup besar yaitu dapat mengeluarkan racun dari tubuh melalui pori-pori kulit.
2. Menjaga kesehatan jantung
Sulfida dalam bawang putih menurunkan kadar kolesterol LDL sehingga mencegah penyakit kardiovaskuler seperti serangan jantung atau penyumbatan. Jadi, bagi pasien jantung ataupun anda yang ingin menjaga kesehatan jantung, bawang putih sangat baik untuk dikonsumsi.
3. Memberi manfaat bagi penderita diabetes
Mengonsumsi bawang putih beberapa siung dalam menu harian anda akan baik bagi penderita diabetes karena meningkatkan tingkat insulin dalam aliran darah.
4. Mengandung Allicin, si pelindung dari infeksi
Allicin dalam bawang putih merupakan senyawa anti-jamur yang melindungi tubuh dari infeksi dan meningkatkan antibodi.
5. Menjaga kesehatan telinga
Jika Anda memiliki infeksi atau sakit pada telinga, bawang putih dapat membantu Anda. Teteskan dua hingga tiga tetes minyak bawang putih hangat hasil ekstrak. Antioksidan dalam bawang putih mematikan bakteri dan mengeluarkan kotoran di dalamnya.
6. Meningkatkan sirkulasi darah
Bawang putih bermanfaat dapat mengeluarkan racun dari tubuh, sirkulasi darah menjadi lancar, kulit pun dapat tampak lebih sehat.
7. Meningkatkan pencernaan
Potong kecil-kecil satu siung bawang putih, telan langsung dengan sedikit air dapat membantu menghindarkan Anda dari sembelit, terlebih setelah memakan daging atau makanan berlemak. Ini karena bawang putih akan membantu untuk meningkatkan sistim pencernaan apabila dikonsumsi setiap usai makan.
8. Untuk melawan dingin dan mengencerkan lendir
Nah ini bagi anda yang sedang menderita flu, cobalah resep berikut. Cincang kasar satu siung dan menumisnya dengan sedikit minyak atau mentega. Anda bisa memasukkannya ke dalam semangkuk sup. Hal tersebut dapat lebih membantu menghangatkan tubuh dan mengencerkan lendir di saluran pernafasan karena flu.
9. Membantu penyembuhan patah tulang
Bawang putih juga bisa membantu pada masa penyembuhan patah tulang. Caranya, oleskan minyak bawang putih dengan tangan sambil diusap-usap dan pijat lembut di atas bagian tulang yang retak.
10. Bantu singkirkan jerawat
Manfaat bawang putih yang satu ini pasti akan membantu bagi anda terutama kaum remaja yang menderita jerawat. Tumbuklah satu atau dua bawang putih dan olesi ke atas bagian yang berjerawat. Diamkan sekira 10 menit atau lebih baik dilakukan saat malam hari. Jika jerawat tak terlalu parah, pada pagi hari jerawat tersebut sudah kempes dan mengecil. Coba deh anda terapkan resep ini, semoga jerawat yang menganggu bisa segera menyingkir dari wajah anda.
--------------------------------------------------------

1. Menghambat kemerosotan otak dan sistem kekebalan
2. Membantu menghambat proses penuaan. Menghambat pertumbuhan sel kanker.
3. Dengan mengkonsumsi bawang putih, resiko terkena kanker dapat dikurangi.
4. Bawang putih yang dikonsumsi secara rutin dalam jangka waktu tertentu dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.
5. Zat anti-kolesterol dalam bawang putih yang bernama ajoene menolong mencegah penggumpalan darah.
6. Bawang putih dapat membantu meredakan stress, kecemasan, dan depresi.
7. Dengan efek yang lebih lembut. Bawang putih mengandung vitamin A.
8. Bawang putih mengandung vitamin B.
9. Bawang putih mengandung vitamin C.
10. Bawang putih mengandung  kalsium.
11. Bawang putih mengandung potasium
12. Bawang putih mengandung  antioksidan. Bawang putih mengandung karoten dan selenium
13.  Mengonsumsi 2-3 siung bawang putih sehari, akan menghindarkan dari kemungkinan berpenyakit jantung.
14.  Menyembuhkan tekanan darah tinggi
15.  Meringankan tukak lambung
16.  Menurunkan kolesterol dalam darah
17.  Meningkatkan insulin darah bagi penderita diabetes.
18.  Melumpuhkan radikal bebas yang mengganggu sistem kekebalan tubuh
19.  Bermanfaat sebagai penawar racun (detoxifier) yang melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit.
20.  Membantu menambahkan nafsu makan apabila dimakan mentah
21.  Menjaga stamina tubuh
22.  Mengandung khasiat antimikroba, antitrombotik, hipolipidemik, antiarthritis, hipoglikemik, dan juga memiliki antivitas sebagai antitumor.
Dan masih banyak lagi ... 



0 comments:

Post a Comment