Thursday, February 28, 2013

Pantai Plengkung Jawa Timur Punya Ombak Terbaik Ke-2 Di Dunia




Puncak kedatangan ombak terjadi pada April hingga Agustus setiap tahunnya. selain di Pantai Plengkung, ombak sebesar itu hanya ada di Hawai dan Afrika Selatan. Oleh karena itu, di tempat ini sudah cukup sering diadakan pertandingan surfing berskala internasional. 






PANTAI Plengkung yang berada di Banyuwangi, Jawa Timur, merupakan salah satu surga bagi para peselancar profesional. Deburan ombak di pantai ini membuatnya begitu terkenal hingga mancanegara. Bahkan, sang ombak adalah satu dari tujuh ombak terbaik di dunia.


Bagaikan surga yang tersingkap dari ujung timur Pulau Jawa, pantai ini memberikan nuansa berbeda bagi para wisatawan. Para peselancar profesional baik dari mancanegara maupun dalam negeri berlomba untuk menaklukan deburan ombak di pantai ini. Dengan tinggi ombak 4-6 meter dengan panjang 2km dan memiliki formasi gelombang tujuh bersusun, pantai ini layak diberi julukan sebagai salah satu pantai dengan ombak terbesar di dunia.

Pantai Plengkung sering disebut dengan G-Land. Huruf G pada G-Land berasal dari kata "Grajagan" yang merupakan nama sebuah teluk. Jika Anda melakukan perjalanan menuju Pantai Plengkung menggunakan jalur darat dari Banyuwangi dan melewati Grajagan, maka Anda pun dapat menikmati keindahan Pantai Grajagan selama perjalanan.

Pantai Plengkung menawarkan berbagai pesona keindahan. Tidak hanya keindahan pantai yang memukau dengan gulungan ombak yang besar, pantai inipun menyuguhkan keindahan hutan tropis di sekelilingnya. Hutan tropis yang mengelilingi pantai ini merupakan bagian dari Taman Nasional Alas Purwa yang merupakan taman nasional yang memiliki kekayaan hayati begitu banyak. Terdapat 700 jenis tumbuhan ada di tempat ini, selain itu berbagai jenis binatang seperti rusa dan penyu dapat Anda temukan di sini.

Jangan mengaku peselancar sejati jika belum mencicipi ombak Pantai Plengkung, Banyuwangi. Ketinggian ombak yang memberikan sensasi dan tantangan tersendiri. 

Pantai Plengkung sudah menjadi surga bagi peselancar dunia. Anda harus melewati Taman Nasional Alas Purwo atau TNAP untuk tiba di pantai ini. Anda mendaftar lebih dahulu di TNAP untuk menuju Pantai Plengkung. Dari sana perjalanan dilanjutkan menuju mobil sewaan di TNAP.



Sepanjang perjalanan, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang serba hijau. Selain itu, Anda juga bisa melihat rusa, burung, babi hutan dan aneka hewan lainnya saat menuju pantai tersebut.


Pantai Plengkung atau yang biasa disebut G-Land memang sangat menantang bagi para peselancar. Pantai yang menghadap Samudera Hindia ini, memiliki ketinggian ombak yang mencapai 4-6 meter. Biasanya ombak akan meninggi dari bulan Maret hingga Oktober.

Menurut situs resmi pariwisata Indonesia, indonesia.travel, ombak di Plengkung adalah yang terbaik no.2 di dunia setelah Hawaii. Selain di Plengkung, hanya Hawaii, Australia, dan Afrika Selatan saja yang memiliki ombak menantang seperti itu.

Bagi Anda para peselancar, buktikan kehebatan Anda di sini. Jangan heran ketika Anda bertemu banyak peselancar dari berbagai negara di Pantai Plengkung, karena ombaknya yang sempurna sudah terkenal di seluruh dunia.

Tidak hanya ombak saja, tetapi hamparan pasir putihnya di pinggir pantai akan membuat Anda nyaman. Pemandangan dan hutan-hutan yang hijau, akan menjadi refleksi tersendiri bagi Anda. 

Para traveler bisa menginap di resor-resor yang berada di pinggiran pantai. Tenang saja, resor di sini tidak berisik dan tetap menjaga kesunyian. Jadi Anda tetap dapat menikmati ketenangan alam yang ada di Pantai lengkung. Pantai Plengkung sudah menjadi destinasi favorit di Indonesia. 


Di sebelah barat Taman Nasional Alas Purwo, terdapat sebuah pantai bernama Cungur. Di pantai inilah biasanya burung-burung air melakukan aktivitas kehidupan, seperti berkembang biak dan mencari makan. Para pengunjung yang memiliki kecintaan terhadap burung, peneliti, dan fotografer sering memanfaatkan aktivitas mereka untuk dijadikan objek wisata. Selain wisata pantai, di taman nasional ini Anda pun dapat menikmati wisata goa.Sebanyak 44 goa berada di sekitar taman nasional ini. Beberapa di antaranya adalah Goa Istana, Goa Mayangkoro, Goa Padepokan, dan Goa Basori. Jika Anda ingin awet muda pergilah ke Goa Istana. Di dalamnya terdapat sumber mata air, yaitu Sendang Srengenge, yang airnya dipercaya dapat membuat wajah terlihat awet muda.(ref:pulsk.com,detik.com)




1 comment: