Saturday, March 16, 2013

3 Hal Yang Perlu Dihindari Dalam Wawancara



Wawancara merupakan hal yang banyak digunakan oleh para assesor untuk melihat seberapa bagus calon karyawan yang akan bekerja di perusahaan. Di sesi wawancara ini, biasanya penulis menemukan tiga hal yang membuat para calon karyawan dinilai negatif oleh sang assesor. 

Ketiga hal tersebut adalah:










1. Terlalu merendah. Zaman sudah berubah, tidak boleh terlalu merendah. Kita harus punya sesuatu untuk ‘dijual’. Jika anda merasa pintar dalam berbahasa, katakan saja “saya mahir berbagai bahasa” dan jangan mengatakan “saya sedikit banyak bisa berbagai bahasa“. Angkatlah ‘nilai jual’ anda.
2. Terlalu sombong/meremehkan. Jangan sampai terjebak dengan penampilan luar pewawancara, hal ini kadang merupakan ‘kesengajaan’ dari si pewawancara itu sendiri. Hal itu biasa penulis lakukan untuk menilai apakah calon karyawan memiliki rasa respek terhadap orang lain.
3. Tidak memiliki tujuan hidup / hanya berorientasi pada uang. Secara pribadi penulis sangat tidak menyukai jika mendapat jawaban (eksplisit atau tidak) bahwa tujuan mereka hanya untuk uang saja, tidak ada yang lain. Ketidaksukaan penulis adalah, jika orang seperti itu masuk dalam pekerjaan yang berada pada comfort zone maka kinerja mereka tidak akan bagus. Need of Achivement-nya rendah.(source:lifehacks)



0 comments:

Post a Comment