Tuesday, March 12, 2013

Hati-Hati.. Keyboard Komputer Yang Dipakai Banyak Orang Bisa Tularkan Penyakit



Keyboard komputer, terutama yang kerap dipakai bergantian, berpotensi untuk menularkan penyakit. Hal ini disampaikan oleh Ketua Laboratorium Mikrobiologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Anis Karuniawati di Jakarta, Selasa (5/3). 

Menurut Anis, salah satu penyebabnya karena tangan manusia mengandung jutaan bakteri. Ketika memakai keyboard komputer, bakteri yang berada di tangan pun dapat menempel di benda itu.

Anis mengutip literatur yang pernah dibacanya, diperkirakan ada sekitar 64 bakteri pada setiap inci keyboard komputer. "Keyboard juga menjadi tempat transfer bakteri selain gagang pintu dan toilet," katanya.

Uniknya, bila dibandingkan dengan bakteri di dudukan toilet, bakteri yang ada di keyboard jumlahnya lebih banyak. Lantaran keyboard lebih jarang dibersihkan ketimbang dudukan toilet.

Penyakit yang dapat timbul akibat tidak menjaga kebersihan keyboard umumnya berkaitan dengan saluran cerna, misalnya diare. Selain pencernaan, keyboard juga dapat menyebabkan infeksi bila bakteri sampai masuk ke luka di kulit.

"Lebih ekstrimnya, sekarang ada bakteri yang sulit diobati dengan antibiotik. Kalau misalnya kena luka jadi sulit sembuh," ujar Anis.

Itu sebabnya ia menyarankan pengguna komputer untuk rajin mencuci tangan sebelum dan sesudah menggunakan keyboard.(source:republika)


0 comments:

Post a Comment