Monday, March 18, 2013

Penyebab Tidur Ngorok atau Mendengkur




atau mengorok tidak hanya merugikan seseorang tapi juga orang lain yang ikut tidur bersama. Meski begitu ada beberapa penyebab mendengkur yang sebenarnya bisa diatasi. Apa saja itu?
Meski seringkali menjadi bahan lelucon, tapi mendengkur sebenarnya bisa jadi salah satu gejala gangguan yang serius seperti obstructive sleep apnea (OSA). Jika seperti ini maka butuh bantuan dokter untuk menanganinya.

Mendengkur adalah suara yang dihasilkan saat seseorang bernapas (biasanya dihasilkan ketika menarik napas) selama ia tidur yang pada gilirannya menyebabkan getaran di langit-langit lunak dan uvula (benda yang menggantung di bagian belakang tenggorokan).






Berikut ini beberapa penyebab mendengkur yang bisa diatasi atau ditangani dengan baik, seperti dikutip dari Askmen, Senin (10/9/2012) yaitu:

1. Gaya hidup
Sebagian besar penyebab mendengkur akibat gaya hidup yang tidak sehat, untuk itu penangannya pun cukup dengan mengubah gaya hidup yang sudah ada menjadi lebih baik dan sehat.

2. Kelebihan berat badan
Berat badan berlebih baik akibat terlalu banyak makan atau situasi medis terkait seperti gangguan tiroid adalah faktor utama yang berkontribusi terhadap mendengkur. Jika penyebabnya ini, maka penurunan berat badan bisa memberikan kontribusi yang baik dalam mengatasi dengkuran.

3. Merokok
Rokok diketahui bisa memiliki dampak yang buruk bagi tubuh, salah satunya adalah menghalangi jalan napas, pembengkakan selaput lendir di hidung, pembengkakan jaringan di tenggorokan dan penyumbatan kecil di paru-paru. Kondisi ini bisa memicu orang mendengkur, karenanya untuk mengatasi ini harus berhenti merokok.

4. Konsumsi alkohol
Alkohol menyebabkan terlalu besarnya relaksasi saluran napas selama tidur serta membuat suara dengkuran semakin keras. Kondisi ini yang membuat peminum alkohol lebih rentan mendengkur.

5. Ada masalah medis
Gangguan medis apa pun yang menyebabkan penyumbatan hidung, tenggorokan atau paru berpotensi mengembangkan dengkuran. Namun bisa juga disebabkan oleh adanya gejala diabetes atau hipotiroid. Oleh karena itu pengobatan terbaik untuk mendengkur ini adalah mengobati masalah medis itu sendiri atau yang mendasarinya.

6. Pola tidur yang tidak stabil
Jika seseorang memiliki kebiasaan tidur yang tidak seimbang maka mengakibatkan perkembangan ketidakstabilan pernapasan yang sangat signifikan saat tidur, sehingga memicu dengkuran. Untuk itu usahakan untuk memiliki pola tidur teratur dan tidak terbangun beberapa kali saat tidur malam.(source:caritauaja)




0 comments:

Post a Comment